Ternyata Coklat Bisa Mencegah Penyakit Jantung


Kebanyakan orang sering mengidentikan coklat sebagai makanan yang tidak sehat, bahkan mungkin bagi sebagian orang makanan yang satu ini sering dihindari.

Padahal coklat mempunai banyak manfaat bagi kesehatan, terutama untuk kesehatan jantung. Dengan mengkonsumsi coklat sesuai takaran yang pas, anda bisa merasakan dampak positif pada tekanan darah. Kandungan polifenol yang terdapat dalam coklat memiliki zat-zat berfungsi sebagai antioksidan,anti peradangan,menurunkan tekanan darah, dan memperbaiki fungsi trombosit

Polifenol adalah coklat yang masih asli ,yang belum mengalami proses pengolahan dengan antioksidan. Tapi pada umumnya produk coklat yang dijual dipasaran memiliki kandungan polifenol yang sedikit, sebab terlalu banyak tambahan bahan lain di dalamnya seperti lemak,gula,buah kering,serta bahan-bahan pelengkap lainnya yang dicampurkan dalam coklat.

Produk coklat yang bermutu tinggi umunya tidak menambahkan bahan campuran didalam coklat, sehingga citarasa nya pun agak sedikit pahit. Pada 50 gram serbuk coklat yang bermutu tinggi sudah mengandung cukup polifenol untuk membantu menurunkan hipertensi. Agar mendapatkan khasitat, konsumsilah coklat dengan takaran yang pas, jangan terlalu banyak. Biasanya sekitar 3-6 jam setelah mengkonsumsi coklat tensi darah akan berangsur turun.

Tapi yang perlu diingat, tidakk semua jenis coklat mengandung polifenol . Coklat susu alias milk chocolate mempunyai kadar polifenol yang lebih rendah dibandingkan coklat bubuk. Apalagi untuk produk white coklat yang tidak memiliki kandungan polifenol sedikitpun.

Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, sebaiknya batasi jumlah konsumsi. Sebaiknya konsumsi serbuk coklat maximal 50 gram perhari, jika untuk coklat berukuran kotak maka sama dengan mengkonsumsi 3 kotak.