Hati-Hati Sakit Gigi Bisa Mendatangkan Sakit Jantung


Sakit gigi adalah salah satu jenis penyakit yang sering dikeluhkan oleh kebanyakan orang. Tapi juga disepelekan pengobatannya. Bahkan merawat dan menjaga kebersihan gigi pun sering dilupakan. Padahal faktor utama yang menyebabkan sakit gigi adalah kelalaian dalam perawatan kebersihan gigi. Akibatnya,banyak orang yang mengeluh akan sakit gigi.

Sebagian besar masyarakat beranggapan bahwa sakit gigi hanya penyakit kecil yang tidak membahayakan.Sehingga ketika gigi bermasalah orang-orang tidak langsung memeriksanya ke dokter, baru ketika benar-benar sakit mereka pergi ke dokter gigi.
 
Kebanyakan orang awam mengira bahwa luka atau infeksi yang terjadi pada gigi adalah hal yang biasa dan akan sembuh dengan sendirinya. Padahal jika penyakit pada gigi tidak segera ditangani dengan baik, akan mengakibatkan datangnya penyakt jantung.

Penyakit jantung dapat muncul akibat infeksi pada ujung akar gigi yang memiliki kadar antibodi tinggi dalam darah yang berkaitan dengan bakteri tertentu. Infeksi gigi juga dapat menyebarkan infeksi lain pada organ tubuh. Bakteri yang ditemukan pada plak gigi akan langsung masuk ke aliran darah sehingga interaksi bakteri-bakteri  yang ada akan membentuk plak. Hal inilah yang menyebabkan plak menebal dan mengeras di dalam pembuluh darah sehingga menyebabkkan sumbatan.

Jadi,jika jantung anda ingin selalu terlindungi. Utamakan jaga kebersihan gigi serta mulut sehingga dapat terhindar dari sakit gigi dan infeksi rongga mulut.